gulma teki



www.yuk-kitatani.blogspot.co.id
Fimbristylis miliacea (L.) Vahl
Gulma yang memiliki daya tahan luar biasa terhadap pengendalian mekanis, karena memiliki umbi batang di dalam tanah yang mampu bertahan berbulan – bulan ini adalah gulma Teki.
Golongan teki-tekian kebanyakan berasal dari famili Cyperaceae. Golongan ini dari penampakanya hampir mirip dengan golongan rerumputan, bedanya terletak pada bentuk batangnya. Batang dari golongan teki-tekian berbentuk segitiga. Selain itu golongan teki-tekian tidak memiliki akar ramping di dalam tanah. bentuk daun tersusun dalam tiga deretan, tidak memiliki lidah-lidah daun (Ligula).ibu tangkai karangan bunga tidak berbuku-buku, bunga sering dalam bulir (spica) atau anak bulir dan biasanya dilindungi suatu daun pelindung dan buahnya tidak membuka. berikut contoh-contoh dari gulma teki:

Fimbristylis miliacea (L.) Vahl,family Cyperaceae nama umum sunduk welut, tanaman yang dapat menghasilkan beberapa generasi dalam satu musim, di manfaatkan untuk bahan pembuatan tikar,dapat dikendalikan dengan penggenangan lebih awal dan dilakukan penyiangan dengan tangan. spesies yang mirip dengan tanaman ini Fimbristylis dichotoma (L.) Vahl.

www.yuk-kitatani.blogspot.co.id

Cyperus difformis L, family Cyperaceae nama umum jukut pendul, tanaman yang terus menerus muncul sepanjang musim ini untuk pengendaliannya cukup dilakukan penggenangan lahan terus menerus lebih awal.

Cyperus iria L.family Cyperaceae nama umum dekeng wangin, tanaman yang lebih menyukai tumbuh di tempat dengan ketinggian rendah ini selain dimanfaatkan untuk pakan ternak juga dimanfaatkan untuk pembuatan tikar,dapat dikendalikan dengan penggenangan lebih awal juga dilakukan penyiangan dengan tangan.

www.yuk-kitatani.blogspot.co.id

Cyperus rotundus L. famili Cyperaceae nama umum teki merupakan gulma terburuk di dunia mempunyai umbi yang dapat tahan hingga beberapa tahun ini, umbinya dapat di konsumsi oleh manusia sebagai bahan obat obatan dan dapat juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi ternak.

Demikianlah contoh dari jenis "gulma teki" yang dapat penulis sajikan semoga dapat bermanfaat.