Gulma rumput

di artikel sebelumnya sudah di bahas apa itu gulma dan macamnya serta cara pengendaliannya. kesempatan kali ini penulis mencoba menghadirkan  jenis -jenis Gulma rumput di sertai dengan foto- foto yang berhasil penulis kumpulkan agar kawan kawan petani lebih mengenal ciri dan karakteristik tanaman guna mengetahui manfaat dan cara pengendalian yang tepat.
www.yuk-kitatani.blogspot.co.id
Echinochloa colona (L.) Link
Gulma rumput (Grasses)
jenis gulma yang di dominasi famili poaceae ini mempunyai ciri-ciri umum : Berbatang bulat memanjang, dengan ruas-ruas batang berongga atau padat. Daun berbentuk pita, bertulang daun sejajar, lidah-lidah daun berbulu, permukaan daun ada yang berbulu kasar atau halus. Buah berbentuk butiran tersusun dalam bentuk malai. Berakar serabut, berstolon atau membentuk rimpang. contoh jenis gulma rumput :


Echinochloa colona (L.) Link, famili poaceae nama umum rumput kusa-kusa tanaman ini dapat memproduksi akar yang berlimpah, terdorong tumbuh dilokasi tanpa olah tanah ,merupakan pakan ternak yang bermutu,dapat dikendalikan dengan penggenangan lahan lebih awal olah tanah dengan cermat dan melakukan penyiangan dengan tangan.tanaman yang serupa spesies Echinochloa crus-galli (L.) P. Beauv.dan
Echinochloa glabrescens Munro ex Hook. f.
www.yuk-kitatani.blogspot.co.id

Eleusine indica (L.) Gaertn. famili poaceae nama umum rumput belulang merupakan gulma terburuk di dunia, mamapu berkecambah dari kedalaman 0,08 m.dapat dilakukan pengendalian dengan penggenangan secara terus menerus dan penyianagan dengan tangan.
www.yuk-kitatani.blogspot.co.id

Digitaria ciliaris (Retz.) Koel. famili poaceae nama umum suket cakar ayam dimanfaatkan untuk hijauan/pakan ternak.dikendalikan dengan penggenangan dan pencabutan dengan tangan lebih awal.
www.yuk-kitatani.blogspot.co.id

Leptochloa chinensis (L.) Nees. famili poaceae nama umum timunan dimanfaatkan untuk hijauan/ pakan ternak . dapat di kendalikan dengan pengolahan tanah dan di genngi secara permanen selama satu minggu dan dilakukan penyiangan dengan tangan.
www. yuk-kitatani.blogspot.co.id

Cynodon dactylon (L.) pers. famili poaceae nama umum grintingan merupakan gulma terburuk di dunia yang toleran dengan kebanjiran dan kekeringan dapat dikendalikan dengan pengolahan tanh kering sampai mengeringkan rimpang,stale seedbed dan tanah solarisasi.
Demikian macam-macam jenis" gulma rumput "yang dapat penulis sajikan semoga bermanfaat.