hama walang sangit dan cara pengendaliannya


www.yuk-kitatani.blogspot.co.id
Hama walang sangit (Leptocorisa oratorius) adalah salah satu hama yang patut kita waspadai, hama yang menyerang tanaman padi ketika padi berumur 45 sampai 65 yaitu pada saat padi berbunga atau serangan hebat terjadi pada saat padi sedang masak susu.
pada saat inilah  pengamatan yang lebih dari kawan-kawan petani sangat di butuhkan. karena walang sangit menghisap cairan bulir padi menyebabkan bulir padi menjadi hampa atau pengisiannya tidak sempurna Dalam prosesnya walang sangit mengkontaminasi biji dengan mikroorganisme yang dapat mengakibatkan biji berubah warna yaitu kecoklatan dan rapuh serta bekas dari tusukan hama ini akan mengakibatkan tumbuhnya cendawan Helminthosporium. hingga mengakibatkan penurunan kwalitas dan kwantitas hasil panen.

www.yuk-kitatani.blogspot.co.id
padi terkena serangan walang sangit
siklus hidup
Walang sangit bisa bertelur sekitar 100 butir selama hidupnya. Jarak bertelurnya kira–kira 2 atau 3 hari.Siklus hidup walang sangit sekitar 40 – 48 hari (Pracaya, 2007).
telur lama periode +5 hari
nimfa umur + 17-27 hari (ganti kulit 5 kali)
imago umur + 115 hari
setelah menjadi imago  serangga ini baru dapat kawin setelah 4-6 hari, dengan masa pra peneluran 8,1 dan daur hidup walang sangit antara 32-43 hari. Lama periode bertelur rata-rata 57 hari (berkisan antara 6-108 hari, sedangkan serangga dapat hidup selama rata-rata 80 hari (antara 16-134 hari)(Siwi et al.,1981).
www.yuk-kitatani.blogspot.co.id
umpan berupa keong yg di bakar
Cara pengendalian
metode yang tepat dalam pengendalian hama walang sangit adalah dengan melakukan tanam serempak, selain itu juga dapat dilakukan dengan memasang umpan berupa keong/ yuyu yang di bakar dan di taruh diatas papan yang di beri perekat. atau di pasang umpan berupa terasi yang di taruh di atas sabut kelapa yang di ikatkan pada tiang setinggi 1 meter. karena sifat alami dari walang sangit tertarik akan bau yang menyengat. mereka akan berkumpul di asal bau tersebut.
menjaga musuh alami tetap hidup lestari di lahan persawahan dari jenis laba-laba dan jenis belalang famili Gryllidae dan Tettigonidae karena merupakan predator hama walang sangit. 
penyemprotan dengan agensi hayati berupa Jamur Beauveria sp dan metharizium sp juga merupakan musuh alami walang sangit. Jamur ini menyerang stadium nimpa dan dewasa.
bila hama sudah di ambang batas sesuai rekomendasi dinas terkait baru dilakukan dengan penyemprotan insectisida berbahan aktif fipronil,MIPC,BPMC,propoksur atau metolkarb.

Demikian sekilas tentang "hama walang sangit dan cara pengendaliannya", yang kami olah dari berbagai sumber. semoga dapat bermanfaat amin.