keong mas


Keong mas merupakan salah satu hama tanaman yang menyerang tanaman padi baik ketika saat masih di persemaian sampai tanaman padi berumur 20-25 hari setelah tanam (hst).
www.yuk-kitatani.blogspot.co.id
Siput murbei alias keong emas yang bernama latin Pomacea canaliculata, dan berasal dari Amerika Selatan ini pada awalnya dibawa ke indonesia di tahun 1981 sebagai hewan hiasan.
hama yang dapat menyebabkan hingga 80 persen kerusakan pada tanaman padi muda ini membutuhkan ketekunana dan kegiatan rutin . Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini. Hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa biaya. Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya.

ada beberapa cara mudah untuk mengatasi hama keong mas ini yaitu:
  • Mengambil keong mas yang ada di lahan persawahan Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin.
  • Menggunakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung zat berupa racun bagi hama keong mas tersebut. beberapa tanaman yang mengandung racun: Cabai merah, daun enceng gondok, daun jeruk, daun tembakau, dll.
  • Menggunakan atraktan yang menyerupai daun talas, pepaya, pisang, kertas koran untuk mengumpulkan keong tersebut. Diletakkan berjejer pada petakan sawah dengan jarak 1-2 meter dari umpan.
  • Mempertahankan air agar tidak tinggi melebihi 3 centimeter karena keong mas menyukai tanaman yang lembab atau dengan cara mengeringkan tanah.
  • memasang ajir di lahan persawahan agar digunakan untuk bertelur keong mas.dan kita dapat mengurangi populasi dengan pengambilan telur-telur keong mas tersebut. 
www.yuk-kita tani.blogspot.co.id
pemberian ajir untuk memudahkan pengambilan telur keong mas
www.yuk-kitatani.blogspot.co.idCara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan memelihara dan membiarkan predator masuk di lahan tanaman agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah. Dengan cara tersebut dapat mengimbangi jumlah populasi keong mas yang begitu banyak. Predator yang tepat untuk memberantas hama keong mas adalah itik. Pengendalian ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk diterapkan petani serta tidak menimbulkan kerusakan pada tanaman yang ada. bila langkah-langkah diatas tidak berhasil, pergunakan pestisida yang dibeli pada tempat terpercaya dan diperlukan perhatian dalam penggunaannya. Agar tidak mengenai tumbuhan yang ditempeli hama tersebut dan tidak menimbulkan kematian pada tanaman yang sedang bertumbuh. Obat yang dapat digunakan untuk membunuh keong mas tanpa membunuh tanaman ataupun menimbulkan kerusakan lingkungan adalah tea seed meal yang mudah untuk ditemukan para petani dipasaran. Selain itu ditemukan bahan kimia yang ramah lingkungan merupakan gabungan dari asam anakardat dan ekstrak dari kulit buah jambu mete.

demikian cara mengatasi hama keong mas semoga bermanfaat.