mengenal hama dan penyakit tanaman padi

www.yuk-kitatani.blogspot.co.id

Setiap tanaman budidaya tentu tak bisa dilepaskan dari gangguan hama dan penyakit yang  lebih sering di sebut dengan organisme pengganggu tanaman (OPT).
semua jenis OPT ini dapat mengakibatkan penurunan potensi hasil secara langsung karena menimbulkan kerusakan fisik, gangguan fisiologi dan biokimia, atau kompetisi hara terhadap tanaman budidaya.
dalam membudidayakan tanaman pangan utamanya padi, kawan kawan petani harus mengetahui jenis- jenis OPT padi, agar dapat melakukan pengendalian dengan tepat supaya memperoleh hasil maksimal
berikut penulis rangkum macam-macam OPT yang biasanya menyerang tanaman padi:
Hama
adalah semua hewan yang menyebabkan kerugian dalam pertanian. karena aktivitas hidupnya.contoh: -Tikus
- Penggerek batang
- Wereng
- ulat
 adalah semua jenis tanaman yang tumbuh secara liar pada tanaman pokok dan keberadaannya tidak di inginkan karena dapat mengakibatkan hal-hal yang sifatnya negatif. contoh :
- gulma jenis daun lebar
- gulma dari jenis rumput
- gulma dari jenis teki
Penyakit
sebuah kondisi yang mengakibatkan tanaman tidak bisa tumbuh dengan normal, dikarenakan adanya gangguan pada organ tanaman yang disebabkan oleh mikroorganisme penganggu, hama, virus atau kondisi tanah yang kekurangan unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman. contoh:
- Tungro
- kerdil rumput
- blast
- kresek

 Demikian adalah jenis-jenis dari hama dan penyakit yang harus di waspadai oleh kawan-kawan petani dan semoga bermanfaat.